Siapa yang masih meragukan khasiat dan manfaat kurma? Semua pasti percaya bahwa buah manis sungguh istimewa dan kaya nutrisi. Makanan penuh nutrisi sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya dewasa yang bisa merasakannya, balita pun sangat dianjurkan untuk mengonsumsinya.

Namun, saat memberikan si kecil buah kurma, kita harus memastikan kalau si manis tersebut sudah matang. Ini karena adanya zat tannin yang mana jika dikonsumsi dan keadaannya belum matang sempurna, maka akan ada reaksi tertentu pada balita. Zat tannin memang merupakan antioksidan yang mana anti-hemoragik, anti-inflamasi, dan anti-infeksi. Tapi, lebih baik kita berjaga-jaga agar zat tersebut tak mengganggu si kecil mengingat imunnya yang masih minim.

8 Manfaat Kurma untuk Kesehatan Balita

Perkembangan tulang

Kandungan Magnesium dan Kalsium dalam kurma sangat tinggi. Maka, kurma adalam nutrisi tepat untuk membantu perkembangan tulang balita. Akan lebih baik lagi hasilnya jika si anak mengonsumsi makanan ini secara rutin.

Perkembangan otak

Selain Magnesium dan Kalsium, kurma pun kaya akan Kalium. Fungsi dari nutrisi ini membantu otak si kecil tumbuh dan berkembang dengan optimal. Ketika perkembangan otak baik, skill kognitif anak juga membaik secara keseluruhan.

Sumber energi

Buah yang terkenal sangat alami kemanisannya adalah kurma. Kurma tak kalah dengan asupan fruktosa dan dekstrosa lainnya. Sehingga, buah ini akan menyimpan produksi energi lebih banyak untuk si balita. Meski demikian, orangtua sangat diharapkan agar tetap memberikan makanan manis dalam porsi standard atau wajar.

Meningkatkan kadar Hb

Jika Hb anak rendah, maka dampaknya akan sangat buruk. Anak akan loyo dan tak ada semangat. Anak butuh nutrisi untuk meningkatkan Hb. Dan, nutrisi tepatnya adalah kurma. Rasa manisnya akan membuat anak kecil manapun akan menyukainya. Setelah rutin mengonsumsinya, kadar Hb akan mulai seimbang. Anak akan merasakan manfaat kurma seperti tubuh kembali berenegi, nafsu makan meningkat, dan pertumbuhannya kembali normal.

Meningkatkan BB

BB (berat badan) anak juga harus ideal. Hal ini agar ada keseimbangan dalam tubuhnya. Artinya, anak tak terlalu kecil atau terlalu gemuk. Jika berat badan balita sangat rendah, jauh di bawah standard, orangtua harus segera mengejar kettertinggalannya atau bahaya stunting akan mengancam. Untuk mencapai berata badan yang ideal, solusi makanan yang tepat harus diterapkan. Salah satunya adalah kurma. Kenapa kurma? Kalori yang terdapat dalam kurma sangatlah banyak sehingga sangat ampuh untuk booster BB si kecil yang ketinggalan jauh.

Pelindung organ hati

Perlu diketahui, bahwa ketika anak terkena virus atau infeksi, efek buruknya akan berpengaruh pada organ hati. Ini merupakan alasan utama kenapa penyakit seperti hepatitis, tipus, atau oenyakit kuning mudah sekali menyerang balita. Disinilah kurma berperan penting. Kurma dapat melindungi hati sehingga sangat layak dikonsumsi balita.

Mengatasi sembelit

Kandungan serat dalam buah kurma cukup tinggi. Serat inilah yang akan meningkatkan adanya peneyerapan air. Inilah mengapa kurma dapat menjaga pencernaan balita, melancarkan BAB, dan mengatasi sembelit.

Meringankan demam

Anak-anak seringkali mengalami demam. Karena demam, anak juga sering rewel. Untuk meredakannya, kurma sangat busa diandalkan. Jadi, ketika Anda mengetahui adanya gejala demam pada si kecil, segera berikan kurma padanya agar gejala menjadi lebih ringan dan cepat reda. Pastikan lebih banyak mendapatkan tips tentang kesehatan di  hermihidayati.com

Ternyata banyak juga ya manfaat kurma untuk balita. Selain manis, cara pengolahannya juga beragam dan bisa disesuaikan dengan selera anak. Ayo, berikan nutrisi terbaik untuk anak!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like