Kolektibel

Apakah kamu sudah tahu kalau NFT dan crypto sama-sama menggunakan blockchain sebagai sistemnya? Walaupun sama-sama menggunakan sistem blockchain, tetapi NFT crypto berbeda satu sama lain. NFT adalah Non Fungible Token yang artinya token yang tidak bisa ditukarkan. Sebagai contoh, meskipun ada 2 orang yang memiliki NFT berupa video cinematic, tetapi isi dan pengambilan gambar yang ada di 2 video cinematic tersebut pasti akan berbeda bukan? Inilah yang menjadi alasan nilai pada setiap NFT berbeda, sehingga tidak bisa dipertukarkan. Sedangkan, crypto merupakan fungible token yang artinya adalah token yang bisa ditukarkan. Sebagai contoh, jika kamu memiliki 10 dogecoin dan teman kamu juga memiliki 10 dogecoin, maka nilainya akan sama bukan? Jadi, sudah jelas bukan perbedaan antara NFT dengan crypto?

 

Nah selanjutnya, setelah disinggung sedikit jenis NFT seperti video cinematic dan mungkin jenis-jenis crypto yang sudah populer telah kamu ketahui, seperti bitcoin, ethereum, binance, dogecoin, dan yang lainnya. Maka, di artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai jenis-jenis aset NFT yang terdapat di marketplace-marketplace NFT.

Karya Seni

Apakah kamu seorang yang kreatif? Suka melukis, membuat sketsa, seni graffiti, atau apapun itu yang menyangkut kreativitas kamu kemudian dituangkan ke dalam canvas, tulisan, atau fotografi? Jika iya, maka mungkin kamu perlu mempertimbangkan untuk menjual karya-karya kamu melalui NFT. Karya seni seperti itu umumnya adalah aset-aset NFT yang paling populer, khususnya di Indonesia. Maka dari itu, NFT juga bisa menjadi solusi bagi setiap para pekerja seni di Indonesia yang terdampak pandemi. Mereka bisa menjual karya-karya mereka melalui NFT.

 

Dan sekedar informasi, salah satu karya seni NFT berupa gambar yang cukup menghebohkan karena dijual dengan harga tinggi yaitu gambar kucing dari artis dunia ternama, Paris Hilton. Harga gambar kucing Paris Hilton terjual dengan harga 17.000 US Dollar. Tertarik untuk menjual karya seni kamu melalui NFT?

Cuplikan Olahraga

Pernahkah terpikir oleh kamu, bahwa cuplikan dari aksi dan momen terbaik di bidang olahraga yang dirangkum dapat diperjualbelikan? Mungkin kamu berpikir tidak akan bisa, tetapi, cuplikan momen dan aksi terbaik yang terjadi di bidang olahraga ternyata bisa lho dijadikan suatu konten tertentu dan telah dikemas ulang, untuk kemudian di jual melalui NFT. Dan di Indonesia sendiri, kamu bisa mendapatkan produk NFT tersebut melalui Kolektibel. Kolektibel menyediakan IBL NFT, yaitu rangkuman dari seluruh momen dan aksi terbaik pemain IBL (Indonesian Basketball League) yang terjadi pada musim 2021.

Kolektibel

Kolektibel adalah platform NFT pertama di Indonesia yang menampilkan dan menyediakan aksi dan momen terbaik khusus pada bidang olahraga, seni dan budaya, bahkan hingga lifestyle. Kolektibel sendiri menggunakan Vexanium blockchain sebagai basis tempat penyimpanan data-datanya. Fyi, Vexanium blockchain adalah public blockchain yang dibuat dan asli dari Indonesia sejak tahun 2018, dan yang paling penting adalah Vexanium blockchain ini sudah menjadi entitas yang legal juga lho, menarik bukan menggunakan platform dan blockchain asli Indonesia?

 

Jadi, memang kebanyakan aset NFT yang diperjualbelikan pada marketplace NFT adalah berupa karya seni, seperti lukisan, meme, musik, dan gambar. Tetapi ada juga aset NFT yang dijual, seperti gif bahkan tweet atau cuitan dari orang terkenal dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like