bayar zakat online

Zakat merupakan sebuah ibadah yang wajib ditunaikan oleh setiap muslim. Tetapi di era pandemi saat ini, bayar zakat secara konvensional bukanlah pilihan terbaik yang bisa dilakukan karena situasi Covid-19 yang membatasi setiap orang untuk bertemu denagn orang lain. Karenanya saat ini terdapat fasilitas bayar zakat online untuk mempermudah umat muslim melaksanakan kewajbannya untuk membayar zakat. Di artikel kali ini penulis akan membahas hukum, cara bayar zakat online, untuk mengetahuinya yuk simak ulasannya berikut ini.

Hukum Bayar Zakat Online

Selama ini umat muslim percaya bahwa salah satu syarat sah membayar zakat adalah dengan melakukan jabat tangan. Namun sebenarnya hal ini bukanlah syarat sah dalam menunaikan zakat.  Syarat utama melakukan zakat adalah niat dari pemberi zakat (muzakki). Niat yang diucapkan dalam hati sudah dikategorikan sah untuk memberikan zakat pada yang berhak menerimanya.

Membayar zakat secara online hanya memindahkan cara penyampaian zakatnya saja, layaknya transportasi atau cara yang mengalami perubahan. Tetapi dana zakatnya tetap sampai ke tangan amil. Terdapat hal yang perlu diperhatikan dalam bayar zakat online yaitu Anda harus pastikan membayar pada lembaga pengelola yang kredibel dan sudah berpengalaman dalam menyalurkan zakat langsung kepada penerima zakat. Jika zakat dilakukan secara onlie, yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan transfer dan mengirimkan bukti kepada amil (pengelola zakat).

Cara Bayar Zakat Online

Sebelum membayar zakat secara online, Anda perlu tahu bagaimana cara melakukannya agar tidak salah. Langkah yang dilakukan untuk bayar zakat online tidaklah sulit, berikut adalah caranya :

1. Hitunglah dana yang perlu dikeluarkan untuk zakat mal dan zakat fitrah

Untuk zakat mal lakukan perhitungan seluruh harta yang dimiliki, jika harta Anda sudah mencapai nisab selama setahun, maka hukumnya wajib utnuk membayar zakat maal. Sementara untuk untuk zakat fitrah lakukan perhitungan untuk per orang = 3,5liter beras x harga beras yang biasa dikonsumsi.

2. Lakukan transfer dana zakat dan kirim bukti pengiriman

Jika sudah mengucapkan niat untuk membayar zakat online, segera lakukan pembayaran dengan memilih metode pengiriman uang yang disediakan oleh lembaga pengelola zakat ynag dipilih. Lalu, lakukan konfirmasi ke lembaga pengelola zakat dengan mengirim data diri dan bukti transfer melalui Whatsapp, e-mail atau telpon ke Customer Service lembaga pengelola Zakat tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like