Dokter Obgyn Jakarta

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan dokter Obgyn atau dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi. Dokter yang mempunyai gelar SpOG ini kerap kali hanya melayani pemeriksaan kehamilan saja, dan kebanyakan orang juga tidak mengetahui bahwa obstetri dan ginekologi adalah hal yang berbeda. Lantas dokter Obgyn Jakarta bisa melayani apa saja ? Simak ulasannya berikut.

Perbedaan Obstetri dan Ginekologi

Meski dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi digabung dalam satu spesialisasi, namun obstetri dan ginekologi merupakan cabang ilmu kedokteran yang berbeda. Untuk obstetri mempunyai fokus pada penanganan kehamilan maupun persalinan. Sementara ginekologi fokus penanganannya ada pada berbagai masalah pada organ reproduksi wanita.

Meskipun merupakan cabang ilmu yang berbeda, namun baik obstetri maupun ginekologi termasuk sebagai dua masalah kesehatan terbesar pada wanita. Inilah yang membuat kedua cabang ilmu ini digabung dalam satu spesialisasi yang disebut OBGYN. Dokter spesialis ini di Indonesia memiliki gelar SpOG atau Spesialis Obstetri & Ginekologi.

Masalah yang Ditangani Dokter Obgyn

Setelah mengetahui perbedaan kedua cabang ilmu kedokteran tersebut, anda pasti bertanya tanya lantas masalah apa saja yang ditangani oleh dokter Obgyn Jakarta ? Dokter spesialis ini nyatanya dapat memeriksa serta mengobati beragam kondisi pada kandungan maupun sistem reproduksi wanita.

Beberapa masalah yang mampu ditangani yaitu masalah seputar menstruasi, pengobatan penyakit menular seksual, masalah pada libido, vagina kering, nyeri ketika berhubungan seksual, memeriksakan masalah kesuburan, menangani masalah menopause, pendarahan pasca persalinan, hingga berbagai kondisi medis yang berkaitan dengan sistem reproduksi wanita.

Untuk menangani dan mengobati berbagai masalah tersebut, dokter spesialis yang sudah terlatih dapat melakukan berbagai macam tindakan medis. Baik itu berupa penanganan untuk mengatasi gangguan pada sistem reproduksi, tindakan pembedahan pada sistem reproduksi, hingga berbagai tindakan medis untuk menolong persalinan.

Pentingnya Wanita ke Dokter Obgyn

Meskipun anda tidak sedang dalam kondisi hamil atau bahkan belum menikah sekalipun, melakukan konsultasi ke dokter Obgyn Jakarta atau lainnya menjadi tindakan yang bijak. Mengingat bahwa dokter spesialis ini memang tidak hanya menangani masalah kandungan saja. Jadi dalam rangka menjaga kesehatan reproduksi, anda dianjurkan untuk melakukan check up tahunan.

Mengunjungi dokter Obgyn mungkin terasa tidak nyaman bagi beberapa orang, karena dokter dapat melihat bagian pribadi anda atau karena anda enggan membahas mengenai isu isu intim. Namun check up sebaiknya rutin dilakukan setidaknya satu tahun sekali untuk wanita usia 21-29 tahun dan dua tahun sekali untuk usia 30-64 tahun,  sebagai bentuk perawatan kesehatan.

Jadi dokter Obgyn memang tidak hanya melayani seputar masalah kandungan semata. Berbagai masalah lainnya yang berkaitan dengan organ reproduksi wanita juga bisa dikonsultasikan. Untuk mendapatkan konsultasi dan perawatan terbaik dari dokter Obgyn profesional dan berpengalaman, klinik OMDC bisa menjadi pilihan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like