cara menurunkan darah tinggi

Hipertensi atau biasa dikenal dengan tekanan darah tinggi ialah salah satu penyakit yang mematikan dan berbahaya, karena jika dibiarkan dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Darah tinggi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantara adalah faktor usia, faktor riwayat keturunan, jarang berolahrga, pola makan tidak sehat, stres, dan sebagainya.

Untuk menyembuhkan hipertensi seseorang perlu melakukan pengobatan agar tekanan darahnya turun. Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan secara alami tanpa perlu pengobatan dan dapat dilakukan di rumah. Berikut beberapa cara menurunkan darah tinggi yang dapat diikuti.

1. Rutin berolahraga

Olahraga adalah cara yang paling mudah dan cara terbaik untuk dilakukan. Olahraga dapat dilakukan dengan olahraga ringan dan olahraga berat. Tetapi untuk menurunkan darah tinggi cukup melakukan olahraga ringan, seperti berjalan dengan teratur, yaitu selama 30 menit per hari.

2. Mengurangi asupan natrium

Seseorang yang memiliki darah tinggi lebih baik mengurangi asupan yang banyak mengandung natrium dan menggantinya dengan rempah-rempah lain atau makan olahan segar.

3. Mengurangi minum alkohol

Alkohol adalah minuman keras yang digunakan untuk mensterilkan alat atau membersihkan luka di bagian luar. Jika alkohol masuk ke dalam tubuh manusia, terutama dalam kadar yang besar maka akan merusak organ yang ada di dalam tubuh. Penelitian juga mengungkapkan bahwa 16% dari penyebab darah tinggi disebabkan karena alkohol. Jadi bagi pengidap tekanan darah tinggi, sudah seharusnya mengurangi dan berhenti minum alkohol.

4. Konsumsi lebih banyak makanan mengandung kalium

Mineral terdiri dari berbagai macam dan diantaranya adalah kalium. Seseorang pengidap darah tinggi lebih baik mengganti asupan natrium dengan kalium. Contoh makanan yang kaya akan kalium adalah sayuran hijau, kentang, ubi jalar, susu, tuna, dan sebagainya.

5. Mengelola pikiran agar tidak mudah stres

Stres adalah pemicu terbesar tekanan darah tinggi. Karena saat sedang stres tubuh akan memacu jantung untuk berdetak lebih cepat dan pembuluh darah menyempit. Selain itu, ketika stres seseorang cenderung untuk tidak bisa mengontrol pikirannya dan lebih besar untuk melakukan tindakan impulsif, seperti minum alkohol dan makan makanan tidak sehat.

Cara untuk mengelola stres adalah dengan mengatur pernapasan, mendengarkan musik, dan menulis apa yang sedang dirasakan. Dengan begitu tekanan darah akan menurun.

6. Mengkonsumsi coklat pahit

Coklat pahit kaya akan flavonoid, yaitu senyawa tumbuhan yang dapat membuat pembuluh darah melebar. Dengan begitu tekanan darah akan turun. Alangkah lebih baik jika mengkonsumsi coklat pahit yang tidak mengandung gula tambahan.

7. Menurunkan berat badan

Menurut sebuah studi pada tahun 2016, jika seseorang menurunkan 5% dari massa tubuhnya secara signifikan akan menurunkan tekanan darah tinggi. Penurunan berat badan dapat dilakukan secara bersamaan dengan rutin berolahrga dan menjaga pola makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

8. Kurangi asupan gula

Sudah terdapat banyak penelitian yang menunjukkan hubungan antara kandungan gula dan tekanan darah tinggi. Salah satu penelitian menguji seorang wanita yang minum satu gelas soda per hari dengan wanita yang tidak minum soda per harinya, menunjukkan bahwa wanita yang minum soda per hari memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena hipertensi.

Jika anda adalah orang yang memiliki tekanan darah tinggi, cobalah beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas. Alangkah lebih baiknya diikuti secara konsisten dan seimbang, agar tubuh tetap menjalani fungsinya dengan sesuai dan maksimal.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like