5 Tips Merawat Rumah Di Musim Hujan Supaya Hunian Tetap Nyaman

 

Saat musim hujan emang orang-orang cenderung melakukan perawatan rumah agar hunian tetap nyaman. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat rumah anda tetap bersih terawat ketika musim hujan tiba. Jadi ketika musim hujan tiba perawatan rumah extra tentu bisa membuat hunian Anda terhindar dari masalah-masalah yang bisa membuat bagian-bagian rumah menjadi rusak. Simak baik-baik tips merawat rumah di musim hujan berikut ini.

 

Periksa Bagian Atap Dan Dinding Rumah

Ketika musim hujan sudah tiba untuk merawat rumah maka anda harus memperhatikan bagian atap rumah. Jika ada yang bocor maka tentu sangat mengganggu, ketika memasuki musim hujan ketika ada kebocoran pada atap maka sebaiknya langsung diperbaiki. Atau bila perlu menggunakan cat pelapis anti bocor untuk atap Anda agar memberikan perlindungan ekstra. Rembesan air dari atap yang bocor tentu sangat mengganggu bahkan bisa menimbulkan jamur di mana-mana.

Tips merawat rumah di musim hujan selain atap, dinding juga perlu diperhatikan ketika musim hujan. Dinding rumah yang mengelupas dan juga berjamur bisa berakibat dari rembesan air akibat kebocoran atap. Maka dari itu dinding Anda juga perlu diberi perlindungan double dengan menggunakan pelapis anti bocor.

 

Bersihkan Diri Saat Masuk Rumah

Anda dan anggota keluarga harus membiasakan diri untuk membersihkan diri Terlebih dahulu sebelum memasuki rumah. hal ini untuk menjaga kesehatan masing-masing anggota keluarga, minimal mencuci kaki sampai bersih sebelum masuk ke rumah. Jangan lupa untuk memberikan kaki dengan keset saat akan memasuki rumah.

Jangan bawa kotoran yang menempel dari luar untuk masuk rumah. Misalnya saja ketika banyak cipratan air lumpur dari luar pada pakaian atau kostum anda, pastikan untuk mengganti pakaian terlebih dahulu sebelum masuk rumah. Hal ini membantu anda untuk memiliki hunian yang tetap bersih sepanjang hari meski sedang musim hujan.

 

Memakai Alas Kaki

Ketika sudah memasuki rumah sebaiknya biasakan untuk menggunakan alas kaki. Sandal ruangan yang dibedakan dengan sandal di luar ruangan membuat lantai rumah tetap bersih dan nyaman. Sebaiknya dalam pemilihan alas kaki untuk di dalam ruangan gunakan yang mampu menyerap air dan mudah dalam perawatannya.

Jangan terbiasa untuk menggunakan alas kaki dalam rumah lalu dibawa keluar rumah karena hal ini bisa membuat bakteri yang ada di luar rumah masuk ke rumah anda. Tips merawat rumah di musim hujan satu ini perlu dipraktekkan.

 

Menyediakan Tempat Khusus Untuk Barang Yang Basah

Ketika musim hujan maka anda harus menyiapkan sebuah tempat khusus untuk meletakkan barang yang basah dari luar rumah. Terutama jika anda beraktivitas di luar rumah menggunakan sepeda motor.

Maka saat musim hujan sudah pasti kebasahan meski sudah menggunakan jas hujan. Biasanya ketika hujan tiba tidak hanya jas hujan yang sering dipakai tetapi juga payung. Barang-barang ini sebaiknya ditempatkan pada khusus agar lantai rumah tidak tergenang air.

 

Tambahkan Desinfektan Saat Membersihkan Rumah

Tips merawat rumah di musim hujan berikutnya yaitu dengan memakai desinfektan saat membersihkan rumah. Karena cairan desinfektan bisa menghindarkan anda dari paparan virus berbahaya bagi tubuh. Penggunaan desinfektan ini bisa anda pakai saat akan mengapa lantai rumah.

 

Demikian beberapa tips merawat rumah di musim hujan yang pastinya harus anda praktekkan di rumah kalau musim hujan tiba. Nah bagi anda yang membutuhkan informasi seputar hunian atau membutuhkan jasa desain rumah makan bisa langsung mengunjungi website Sejasa.com. Website ini membantu anda untuk bertemu dengan para ahli profesional di bidang hunian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like