5 Hal Penyebab Pipa Air Sering Mengalami Kebocoran Tak Terduga

Kebocoran pada pipa sungguh tidak terduga karena bisa terjadi kapan saja. Pipa air yang bocor akan sangat mengganggu ketersediaan air bersih di rumah, maka dari itu sebaiknya pipa harus langsung diperbaiki. Jika anda adalah orang yang ahli dalam produk perpipaan tentu bisa tahu apa saja penyebab pipa yang bocor.

Namun bagi seseorang yang awam, kebocoran pipa sangat berpotensi membuat kepanikan seluruh anggota keluarga di rumah. Maka dari itu Anda harus tahu dulu apa saja yang menyebabkan pipa PVC untuk saluran instalasi air bisa mengalami kebocoran.

Hal-Hal yang Menyebabkan Pipa Air Instalasinya Bocor

  • Masalah pada lem pipa, lem pipa yang Anda gunakan tentu saja sifatnya adalah solvent cement. Artinya cairan lem ini bisa lunak dan larut pada lapisan pipa sehingga menyatu pada pipa tersebut. Namun seseorang yang kurang teliti, dalam pemasangan pipa lupa melakukan pengeleman. Bahkan pada tukang yang  ahli, hal ini juga cukup sering terjadi akibat tukang sudah merakit duluan jalur pipa. Setelah semua jalur dirakit, kemudian tukang baru memasangkan sambungan dan juga lemnya. Lem pipa ini punya warna yang transparan sehingga terkadang ada bagian yang lupa dilakukan pengeleman. Tentu saja akan bocor ketika keran dinyalakan dan air mengaliri pipa. Masalah pada lem pipa juga bisa terjadi ketika pengelemam tidak sesuai prosedur. Pemasangan lem pipa ini sebenarnya cukup mudah namun harus hati-hati. Permukaan pipa yang akan disambung tentu harus diamplas terlebih dahulu. Hal ini membuat pemasangan pipa antara yang satu dan lainnya tidak rentan terhadap kebocoran dan juga air yang merembes.
  • Saat perbaikan pipa, bagian pipa air bentuk harus diperbaiki sesuai dengan prosedur yang ada agar tidak mengalami kerusakan kembali. Seringkali bagian pertukangan pipa atau orang awam mengakali perbaikan pipa karena alat yang tidak tersedia dengan beberapa solusi. Ternyata ternyata solusi ini justru bisa memperparah kerusakan pipa. Ada perbaikan seperti membengkokkan pipa dengan cara dibakar atau melakukan penyambungan pipa dengan cara dibakar pula. Cara ini mungkin saja berhasil tetapi faktor kegagalannya juga banyak.
  • Perhatikan kualitas pipa, kerusakan pada pipa PVC juga kerap terjadi karena kualitas pipa airnya. Pipa dengan kualitas yang tinggi bisa menahan tekanan air hingga 10 bar. Tetapi instalasi pipa untuk rumahan biasanya masih banyak yang menggunakan PVC dengan kualitas rendah. Dan hal ini bisa menyebabkan pipa mudah mengalami kebocoran bahkan yang paling parah adalah pipa pecah.
  • Tekanan air pada pipa, mengalami kebocoran pada pipa juga bisa disebabkan oleh tekanan air yang terlalu tinggi. Untuk saluran air rumah tangga tekanan air yang disarankan hanya maksimal 4 bar. Namun di beberapa rumah terdapat instalasi pompa air menggunakan pompa dorong dengan tekanan tinggi. Jika sudah begini lama-kelamaan akan mengalami rembesan yang berujung pada kebocoran.
  • Gangguan lainnya, kebocoran pipa juga bisa terjadi karena beberapa faktor lain seperti instalasi beberapa peralatan lain di rumah khususnya di dekat produk perpipaan. Misalnya saja saat memasang toilet, kitchen set dan lainnya. Kebocoran tentu saja akan terjadi ketika pipa bor atau terkena benturan saat instalasi peralatan lain.

 

Jadi tentu sekarang anda sudah tahu apa saja penyebab pipa air mengalami kebocoran, yang mungkin secara langsung tidak disadari. Untuk mencegah kebocoran terjadi, maka anda harus benar-benar memperhatikan instalasi pipa. Nah bagi yang sedang membutuhkan produk perpipaan untuk mengatasi pipa yang bocor ataupun pemasangan pipa baru, maka bisa membelinya dari merk terbaik yaitu Rucika di www.rucika.co.id. Rucika tidak hanya menyediakan pipa saja, tapi berikut dengan sambungan pipa serta lemnya. Dapatkan harga pipa terbaik dari rucika baik lewat online store maupun di toko-toko bangunan terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like