5 Daftar Nutrisi yang Harus Ada Didalam Susu Ibu Hamil

Pada masa kehamilan, ibu hamil harus mencukupi kebutuhan nutrisinya, khususnya protein, kalsium, vitamin D, asam folat ataupun iodium. Selain dari makanan yang anda konsumsi, nutrisi ini juga bisa didapat dari susu ibu hamil yang banyak dijual di pasaran, seperti susu Prenagen misalnya. Informasi tentang kandungan dalam susu biasanya tertera pada kemasan. Nah, berikut ulasan mengenai apa saja nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

 

5 Daftar Nutrisi yang Harus Ada Didalam Susu Ibu Hamil

Kalsium

Bagi perempuan sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, baik sebelum hamil, saat hamil, atau setelah melahirkan. Bagi ibu hamil sendiri, kalsium dibutuhkan guna menguatkan tulang. Selain itu, kalsium juga bermanfaat bagi janin, yaitu membantu perkembangan jantung, membentuk gigi dan tulang yang kuat, membantu perkembangan saraf dan otot, dan masih banyak lagi. Anda bisa memenuhi asupan kalsium, dengan mengkonsumsi produk olahan susu.

Vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk mengatur kadar kalsium dan fosfat dalam tubuh. Selain itu, vitamin D juga berfungsi untuk melawan infeksi, membantu mencegah diabetes dan beberapa jenis kanker. Setiap harinya ibu hamil membutuhkan sekitar 15 mikrogram atau 600 IU vitamin D. Dalam susu ibu hamil juga biasanya terkandung vitamin D. Apabila mengkonsumsi segelas susu ibu hamil yang mengandung vitamin D, dapat mencukupi 100 IU vitamin D.

Iodium

Iodium juga sangat penting untuk ibu hamil, karena nutrisi ini berguna untuk perkembangan otak janin. Bila orang dewasa membutuhkan iodium 150 mikrogram setiap harinya, berbeda dengan perempuan hamil yang membutuhkan iodium lebih banyak, yaitu 220 mikrogram. Kekurangan iodium dipercaya dapat berakibat pada kecerdasan anak nantinya.

Asam Folat

Untuk Anda yang sedang hamil, asam folat berguna untuk membantu pembentukan darah dan protein serta memaksimalkan kerja enzim. Pada calon jabang bayi, asam folat bermanfaat untuk melindungi janin dari kecacatan sistem saraf. Disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi 400 mikrogram asam folat per hari, terutama pada trimester pertama. Karena pada saat itulah sistem saraf dan otak janin terbentuk. Secara alami asam folat bisa didapat dari kacang-kacangan, sayuran berwarna hijau seperti bayam dan brokoli, serta buah-buahan berwarna kuning seperti jeruk dan pepaya. Tak hanya makanan, asam folat juga bisa didapat dari susu ibu hamil, seperti Prenagen ataupun vitamin prenatal.

Protein

Nutrisi utama yang terpenting untuk ibu hamil adalah protein. Protein berguna sebagai bahan dasar pembentukan sel dan jaringan tubuh janin, serta mempengaruhi produksi sel darah merah bagi ibu dan calon bayinya. Selama masa kehamilan dianjurkan untuk memenuhi asupan protein sebanyak 40-70 gram per hari. Untuk memenuhi kebutuhan protein anda, bisa didapatkan dari mengkonsumsi daging, telur, kacang-kacangan, tahu, ataupun produk olahan susu, seperti keju dan yoghurt.

Demikian nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh selama masa kehamilan. Tak hanya memastikan kandungan susu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil, namun pastikan pula bahwa susu yang dikonsumsi telah melewati proses pasteurisasi. Karena susu yang belum dipasteurisasi kemungkinan masih mengandung bakteri yang bisa membahayakan. Selalu teliti keterangan pada kemasan susu ibu hamil sebelum membelinya. Jangan lupa untuk tetap menerapkan pola hidup sehat dengan melakukan olahraga dan istirahat yang cukup.

Penuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dengan bantuan susu Prenagen!

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like